Mekanisme metabolisme karbohidrat

Pada lambung, lemak mengalami proses pencernaan dengan bantuan asam dan enzim menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Metabolisme Karbohidrat – Pengertian dan Macam Macamnya

Glikogen ini disimpan di hati dan otot sebagai cadangan energi jangka pendek. Kata karbohidrat berasal dari kata karbon dan air. Dari diagram dapat dilihat bahwa glukosa bisa diubah menjadi galaktosa. Glikolisis yaitu: Jalur yang dipakai untuk mengubah galaktosa menjadi glukosa adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui proses glikolisis.

Substrat untuk glukoneogenesis adalah: Dalam perpindahan ini disulfida dari lipoamide tereduksi, asetildehida teroksidasi menjadi asetil aktif yang terikat sebagai tioester. Salah satu tugas penting hati adalah untuk menyimpan kelebihan glukosa dalam bentuk glikogen dan untuk melepaskan glukosa dari glikogen ketika diperlukan.

Selain itu jika terdapat kelebihan konsumsi protein dan karbohidrat, maka kedua zat ini akan dikonversi menjadi lemak. Daur Krebs metabolisme karbohidrat daur krebs Piruvat dialihbentukkan menjadi asam laktat, sebagian asetat, dan etanol.

RANGKUMAN METABOLISME KARBOHIDRAT

Dalam tahap ini dihasilkan energi berupa ATP. DHAP dapat secara langsung masuk ke glikolisis dan glukoneogenesis di dalam hati khususnya. Metabolisme protein menurut Suparyanto dalam Mulasari dan Tri yaitu: Ini bisa menyebabkan kegagalan fungsi hepar dan retardasi mental.

Pengaturan kadar glukosa plasma melibatkan hepar, jaringan ekstrahepatik dan beberapa hormon.

makalah metabolisme karbohidrat

ATP dan sitrat menghambat glikolisis allosteric. Namun, hewan, termasuk manusia, kurangnya mesin enzimatik yang diperlukan dan sehingga tidak mensintesis glukosa dari lemak.

Selanjutnya glukosa mengalami glikolisis, diikuti dengan oksidasi piruvat sampai dengan siklus asam sitrat. Glukosa diubah menjadi karbohidrat lain misalnya glikogen untuk simpanan, ribose untuk membentuk asam nukleat, galaktosa dalam laktosa susu, bergabung dengan lipid atau dengan protein, contohnya glikoprotein dan proteoglikan.

Enzim gliserol 3-fosfat dehidrogenase mengkatalisis reaksi: Jenisjenis karbohidrat sederhana ini dapat ditemui terkandung di dalam produk pangan seperti madu, buah-buahan dan susu.

Fruktokinase yang terdapat dalam hati, ginjal dan usus halus, dapat mengkatalisis fruktosa dengan ATP menjadi fruktosa 1-fosfat.

Bagimana pengaturan kadar glukosa darah? Untuk beberapa asam amino seperti tirosin dan fenilalanin, hanya sebagian dari rantai karbonnya yang digunakan untuk mensintesis glukosa karena sisa 17 P a g e rantai karbon di ubah menjadi asetil koa yang tidak dapat digunakan untuk sintesis glukosa Burnama, Hasil ini berbeda dengan respirasi pada organism prokariotik.

Disakarida Disakarida merupakan jenis karbohidrat yang banyak dikonsumsi oleh manusia di dalam kehidupan sehari-hari. Berapakah energi yang dihasilkan dari metabolisme aerobik dan anaerobik?

Tampak bahwa setiap penambahan 1 glukosa pada glikogen dikatalisir oleh enzim glikogen sintase. Karbohidrat, lipid dan protein sebagai makanan sumber energi harus dicerna menjadi molekul-molekul berukuran kecil agar dapat diserap.

Metabolisme karbohidrat

Apa metabolisme karbohidrat? Selanjutnya, elektron dipindahkan berturut-turut melewati molekul protein besi-sulfur Fe-Subiquinon Q atau CoQdan sitokrom Cyst. Dengan demikian insulin akan menyebabkan peningkatan glikogenesis dan menghambat glikogenolisis Guyton dan Hall, D-xylulose merupakan bagian bagian dari HMP Shunt.

Bab 2 Metabolisme (XII)

Latar Belakang Tubuh manusia terdiri dari jutaan sel-sel, di mana masing-masing sel membutuhkan energi untuk kehidupannya. Pada suatu penyakit yang menurun yang disebut "essential pentosuria" di dalam urinnya banyak didapatkan L-xylulose, diperkirakan enzim yang mengkatalisis L-xylulose menjadi silitol tidak ada pada penderita penyakit ini.

Glikogenolisis Glikogenolisis merupakan lintasan metabolisme yang digunakan oleh tubuh, selain glukoneogenosis untuk menjaga keseimbangan kadar glukosa di dalam plasma darah untuk menghindari simtoma hipoglisemia.8/21/ · Selama kehamilan terjadi perubahan metabolisme karbohidrat secara nyata.

Terdapat kebutuhan glukosa oleh fetus untuk dengan mudah diubah menjadi sumber energi. Pada saat yang sama juga terdapat kebutuhan untuk cadangan energi pada masa laktasi dan pertumbuhan kehamilan atau kebutuhan energi lain dalam bentuk cadangan lemak.

Selanjutnya sebagaimana asetil KoA dari hasil metabolisme karbohidrat dan protein, asetil KoA dari jalur inipun akan masuk ke dalam siklus asam sitrat sehingga dihasilkan energi. Di sisi lain, jika kebutuhan energi sudah mencukupi, asetil KoA dapat mengalami lipogenesis menjadi asam lemak dan selanjutnya dapat disimpan sebagai trigliserida.

Makalah Lengkap Metabolisme Karbohidrat

Pengertian dan Proses Metabolisme Karbohidrat, Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif, Siklus Krebs, Asam Sitrat, Transfer Elektron - Keseluruhan reaksi kimia di dalam tubuh organisme yang melibatkan perubahan energi disebut metabolisme. Sebagai makhluk hidup, energi dapat dihasilkan dari sebuah proses, atau suatu proses justru memerlukan energi.

Metabolisme karbohidrat terdiri dari beberapa tahapan yaitu glikolisis yang terjadi di sitoplasma, dekarboksilasi oksidatif, siklus asam sitrat, dan fosforilasi oksidatif yang semuanya terjadi di matriks mitokondria yang setelah diproses secara menyeluruh akan menghasilkan energi berupa festival-decazeville.com: Kebonce.

Karbohidrat, protein dan lemak merupakan pembahasan yang amat penting dalam ilmu kimia. Dimana melalui makalah ini, saya berusaha memperjels lagi tentang hal-hal yang menyangkut karbohidrat, protein dan lemak. Dalam makalah ini berbagai macam seluk-beluk yang dibahas sesuai dengan kemampuan yang saya miliki.

Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein. Salah satu kebutuhan utama makhluk hidup adalah makanan. Makanan merupakan bahan utama yang kita butuhkan untuk menghasilkan energi guna melaksanakan semua aktivitas hidup.

Mekanisme metabolisme karbohidrat
Rated 5/5 based on 98 review